4 Cara Kenaikan Suku Bunga Akan Mempengaruhi Keuangan Anda

4 Cara Kenaikan Suku Bunga Akan Mempengaruhi Keuangan Anda

Bank of England diperkirakan akan menaikkan suku bunga sekali lagi pada pertemuan minggu ini, dengan pasar mengharapkan suku bunga naik menjadi 0,5%. Terlebih lagi, mereka mengharapkan tiga kenaikan lagi tahun ini, yang berarti bahwa pada Natal 2022 kami akan memiliki tingkat dasar 1,25%, jika ekspektasi tersebut dapat dipercaya.

Bahkan kenaikan 25 poin persentase menjadi 0,5% minggu ini akan berdampak besar pada keuangan beberapa orang, dengan suku bunga hipotek melonjak bagi mereka yang memiliki suku bunga variabel dan utang menjadi lebih mahal. Penabung akan mendapatkan dorongan dari peningkatan apa pun, tetapi itu tidak mungkin sangat dramatis. Pada bulan November tahun lalu, sebelum kenaikan suku bunga terakhir pada bulan Desember, rekening tabungan dengan akses mudah teratas adalah 0,65% dan sekarang menjadi 0,71% — yang berarti bank-bank memberikan kurang dari setengah kenaikan 15 poin persentase dalam kenaikan Suku Bunga Dasar terakhir. Penabung harus cerdas dengan uang mereka jika mereka ingin mendapat manfaat dari tarif yang lebih tinggi.

1. Hipotek Anda Akan Menjadi Lebih Mahal

Siapapun pada hipotek tingkat variabel akan melihat suku bunga mereka naik – perusahaan hipotek sangat cepat untuk meneruskan kenaikan Base Rate. Pergeseran dari 0,25% saat ini menjadi 0,5% akan berarti seseorang dengan hipotek tingkat variabel £250.000* akan membayar tambahan £384 setahun. Dengan pinjaman yang lebih tinggi sebesar £450.000, kenaikan biaya lebih dramatis, dengan pemilik rumah tersebut harus membayar tambahan £684 setahun.

Baca Juga:  Cara Meminjam Uang untuk Membeli Properti

Ekspektasi pasar saat ini adalah bahwa tingkat dasar akan naik total empat kali tahun ini, menjadikannya 1,25% sebelum akhir tahun 2022. Jika ini masalahnya, pemilik rumah dengan pinjaman £250.000 harus membayar tambahan £1.560 setahun, atau £130 sebulan, sedangkan mereka yang meminjam £450.000 harus mencari tambahan £2.808 setahun.

Salah satu opsi adalah memperbaiki hipotek Anda sekarang, jadi Anda mengunci tarif saat ini dan menghindari kenaikan suku bunga. Perusahaan hipotek sudah mulai menaikkan tarif mereka, dan mereka akan naik lagi begitu kenaikan tarif benar-benar terjadi. Seseorang dengan pinjaman £250.000 pada hipotek tingkat variabel rata-rata sekarang dapat menghemat £2.124 setahun dengan beralih ke perbaikan dua tahun teratas saat ini. Jika tarif naik menjadi 0,5%, mereka akan menghemat £2.892 setahun**. Jika seseorang ingin beralih lebih lama, mereka akan menghemat lebih sedikit setiap tahun, tetapi lebih selama jangka waktu perbaikan.

2. Penghematan Suku Bunga Tetap Anda Akan Terlihat Kurang Menarik

Siapa pun yang telah menetapkan tingkat tabungan mereka akan kehilangan kenaikan Tarif Dasar. Akun dengan tingkat bunga tetap dua tahun teratas saat ini membayar 1,62%***, yang secara signifikan lebih banyak daripada akun akses mudah teratas sebesar 0,71%. Namun kedua tarif tersebut dapat naik setelah Tarif Dasar meningkat – dan jika Anda telah mengunci selama dua tahun, Anda akan kehilangan kenaikan apa pun.

Baca Juga:  Kelola Utang Anda dengan Pinjaman Konsolidasi Utang Tanpa Jaminan

Jika Anda memiliki £10.000 yang disimpan dan memasukkannya ke dalam perbaikan dua tahun teratas sekarang, Anda akan mendapatkan bunga £327 pada akhir dua tahun, tetapi jika Anda menunggu dan Tingkat Dasar (dan tingkat tabungan) naik sebesar 0,25 poin persentase, Anda akan mendapat tambahan £51 untuk bunga. Jika Tarif Dasar naik menjadi 1,25% dan semua yang diteruskan ke suku bunga tabungan, Anda akan mendapat bunga tambahan £204 pada akhir dua tahun.

Artikel Menarik: Tempat Wisata > https://www.eksplor.net

3. Hutang Anda Akan Menjadi Lebih Mahal

Siapa pun yang memiliki utang akan benar-benar merasakan sejumput kenaikan suku bunga, karena biaya pinjaman dengan kartu kredit, pinjaman pribadi, atau kartu toko dapat meningkat. Bank sangat cepat memberikan kenaikan suku bunga kepada pelanggan ketika itu menguntungkan mereka, sehingga mereka yang berhutang harus bersiap untuk biaya yang lebih tinggi.

Biaya utang telah meningkat untuk mengantisipasi kenaikan suku bunga, dengan rata-rata suku bunga cerukan di bawah 21% – rekor tertinggi, sementara suku bunga pinjaman pribadi juga naik pada November menjadi 6,43% — tertinggi sejak masa pra-pandemi.

Siapa pun yang memiliki utang perlu mencari tahu apakah mereka dapat mengalihkannya ke pinjaman yang lebih murah, dan segera masuk sebelum suku bunga naik. Lihat apakah Anda dapat mentransfer pinjaman kartu kredit ke kesepakatan transfer saldo 0% atau melihat apakah Anda memenuhi syarat untuk cerukan bebas bunga. Setelah itu, orang harus membuat daftar utang mereka dari yang paling mahal hingga yang termurah, terlepas dari jumlah utang masing-masing, dan memprioritaskan melunasi yang paling mahal sebelum pindah ke daftar.

Baca Juga:  Apakah Bisnis Memiliki Skor Kredit?

4. Tabungan Anda Mungkin Tidak Menghasilkan Bunga Lagi

Sementara bank sangat cepat untuk menyampaikan kenaikan Tarif Dasar apa pun kepada pelanggan hipotek mereka, penabung harus menunggu lebih lama dan banyak yang tidak akan melihat peningkatan sama sekali. Banyak tabungan orang hanya duduk di rekening giro mereka atau rekening tabungan lama mereka, di mana tingkat kemungkinan 0,01%. Dan orang-orang ini kemungkinan besar tidak akan melihat peningkatan suku bunga yang mereka bayarkan, sebaliknya bank akan mengantongi selisihnya untuk meningkatkan keuntungan mereka.

Tapi itu tidak berarti penabung perlu kehilangan, mereka hanya perlu melakukan sedikit lebih banyak pekerjaan untuk mendapatkan tingkat yang lebih tinggi. Setelah kenaikan tarif, kami biasanya melihat tarif naik dan lebih banyak persaingan di tabel pembelian terbaik karena penyedia bersaing untuk mencapai puncak, tetapi Anda harus beralih untuk mendapatkan kesepakatan yang lebih baik.